Fakultas USWAH IAIN Ambon, Gelar MTQ



MTQ Fakultas USWAH :Salah satu utusan dari Jurusan Jurnalistik yang tampil dalam lomba Hifzil Qur'an
 
Fakultas Ushuluddin dan Dahwah, IAIN Ambon, Gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an

Fth.blogspot.com “ Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ )ini di programkan oleh Isntitut lalu di realisasikan ke tingkat fakultas sehingga Fakultas Ushuluddin dan Dakwah ( USWAH ) melaksanakannya. Setelah ada yang menjuarai, akan kita ikutkan pada even MTQ Tingkat Institut “. Hal tersebut disampaikan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, A. Mujaddid Naya, S.Ag, M.Pd.I, yang  ditemui di Gedung Fakultas USWAH, IAIN Ambon, Sabtu (28/9).

Naya mengatakan, Tujuan dari pelaksanaan MTQ Tingkat Fakultas Ushuluddin dan Dakwah ini selain kita mencari bibit, ini juga mencerdaskan serta sebagain salah satu  wadah bagi mahasiswa Fakultas USWAH yang memiliki bakat dalam bidang yang dilombakan seperti Tilwah, Hifzil Quran, Syahril Quran, Seni Kaligrafi, Menulis Makalah Ilmiah Al - Quran dan ditambah dengan lomba Azan serta Ceramah atau Pidato. “ Di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah ini harus kita mencerdaskan kita punya ceramah - ceramah agama karna kita ini kan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah “, terangnya.

Lanjut Dia, kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran yang dilaksanakan oleh Fakultas USWAH, sangat memotifasi mahasiswa agar lebih giat dalam hal meaksanakan kegiatan semacam ini. “ Setelah ada hasil dan dijuarai oleh mahasiswa yang berbakat, maka mereka nanti akan kita ikut sertakan pada MTQ Tingkat Institut yang Insya Allah akan dilaksanakan pada Oktober mendatang “, jelas Naya.

Pihak Lembaga sangat merespon baik dalam hal ini Pembantu Rektor III sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dari 3 Fakultas yang ada di Kampus ini untuk 2 Fakultas sudah melakukan Pekan Olahraga dan Seni ( PORSENI ) yakni Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah tapi kami Fakultas Ushuluddin dan Dakwah melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran. Untuk penilaian peserta dilakukan standar penilaian Nasional.

“ Kami lakukan penilaian berdasarkan standarisasi penilaian secara nasional dan materinya juga merupakan materi - materi nasional yang kita lombakan dan kita punya dewan juri juga adalah dewan juri yang kita pakai dari Provinsi maupun Nasional yang pernah menjadi dewan hakim pada MTQ Tingkat Provinsi, Kabupaten maupun Nasional “, ungkap Naya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini bukan hanya kegiatan yang dilaksanakan pada tahun ini saja tetapi setiap tahun juga diadakan karna bagi saya ini sangat memotifasi kita baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat Institut apalagi kampus ini bercirihaskan sebuah perguruan tinggi islam jadi Musabaqah itu harus didahulukan, imbuhnya.

“ Saya melihat kegiatan ini sungguh sangat luar biasa karena kegiatan MTQ Tingkat Fakultas ini sangat memotifasi kita sebagai mahasiswa perguruan tinggi agama islam. Ini sangat meriah bahkan nuansanya seperti MTQ Tingkat Provinsi bahkan Nasional dan saya optimis mendapatkan juara “, tutur Syarifuddin Rumbati, salah satu peserta utusan Jurusan Jurnalistik yang ditemui usai mengikuti lomba.

Hal yang sama disampaikan Rahma Keliobas, utusan dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ), “ Ini sangat memotifasi kita sebagai mahasiswa karna kegiatan seperti ini jarang sekali dilakukan dan saya pribadi sangat berharap kegiatan MTQ Tingkat Fakultas seperti ini dilaksanakan juga pada tahun-tahun berikut sebab dari sinilah bibit - bibit berbakat dari mahasiswa akan kita lihat dan kita ketahui “, ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 27 dan berakhir 29 Oktober 2013. Diikuit oleh utusan dari masing - masing jurusan yang diwakili dari masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan ( HMJ ) yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah antara lain, Jurusan Aqidah Filsafat ( AF ), Jurusan Sosiologi Agama ( Sosag ), Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI ), dan Jurnalistik.   (Fth).

Komentar

Postingan populer dari blog ini